• August 2010
    M T W T F S S
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • RUMAH SOLUSI

  • WDC

Tips Memilih Produk Internet Mobile

Saat ini ada beberapa provider penyedia jasa internet mobile, agar pilihan kita sesuai dengan yang kita harapkan berikut tips dalam memilih produk internet Mobile.

1. Fungsi / kegunaan

Koneksi internet sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari – hari, sebelum kita putuskan untuk membeli atau berlangganan koneksi internet mobile seyogyanya sudah diketahui seberapa besar fungsinya.

a. Fungsi Download
Jika kita hobby ber-dowbload ria , sebaiknya menggunakan produk dengan perhitungan tarif secara time base ( berapa rupiah per satuan waktu menit /jam /hari ) atau memilih produk dengan program unlimited. Tetapi perlu diketahui bahwa produk dengan sistem pentarifan time base biasanya akan melakukan management speed, jadi ketika melakukan download dalam waktu lama, tapi content yang didownload kecil karena kecepatan downloadnya kecil ( lambat ). Bagi anda yang memilih produk dengan program unlimited , provider juga akan menerapkan management speed atau sistem quota berjenjang, walaupun biaya investasi per hari/minggu/bulan keihatannya murah, sebetulnya pelanggan masih dibatasi speed accsessnya.

b. Fungsi Browsing , Chatting
Jika kita hobby browsing dan chatting , sebaiknya menggunakan produk dengan sistem pembayaran secara volume base ( rupiah / kbps ), karena saat page suatu website tidak kita “klik” kita tidak dikenakan biaya, atau saat kita sedang chatting ( ym, Facebook, twiter dll ) selama kita tidak melakukan send / recieve ) kita tidak dikenakan biaya.

2. Coverrage dan Technology
Dalam memilih produk internet mobile, kita harus selektif dalam memilih luas coverrage ( network ) dan Technology Provider Internet Mobile tersebut. Saat ini ada dua technology :
a. CDMA : 1X ,FVDO
b.GSM : GPRS,EDGE,UMTS(3G),HSDPA(3,5G),HSPA

Dari teknologi di atas kita harus selektif dalam membeli produk, fungsi dan kegunaannya harus kita pertimbangkan.Beberapa pertimbangan dalam memilih coverrage dan technology antara lain:
a. Mobilitas rendah dan fungsi Chatting/browsing
Cukup menggunakan produk CDMA ( 1 X )

b. Mobilitas rendah , fungsi dowload
Menggunakan produk CDMA atau GSM GPRS/EDGE ( produk selluler )

c. Mobilitas dan fungsi tinggi
Menggunakan produk CDMA ( FVDO ) atau GSM ( UMTS, HSDPA ).

3. Tarif
Biasanya pertimbangan ini yang paling ditonjolkan, kita harus ingat bahwa tidak ada produk dengan benefit sempurna dengan biaya berlangganan yang murah. Jika hanya untuk chatting sebaikanya pilih produk dengan biaya berlangganan yang murah, tetapi jika dengan menggunakan produk tersebut kita dapat mendapatkan manfaat dan hasil yang kita harapakan, tidak ada salahnya menggunakan produk yang dapat dihandalkan meskipu harga berlangganannya mahal.

4. Perangkat Penunjang
Untuk dapat melakukan koneksi internet kita memerlukan beberapa alat penungjang diantaranya :
a. SMARTPHONE/ Laptop/PC
Pemilihan perangkat utama ini harus memperetimbangkan Fungsi, Tarif/harga , Coverrage & Technology.

b. Modem
Seteleah menentukan Provider yang akan kita gunakan, kita masih memerlukan modem. Jangan salah memilih modem yang akan digunakan, meskipun biasanya provider akan menjual paket modem dan account internet. Jika kita akan membeli modem secara terpisah pastikan account internet tersebut menggunakan technology apa ? karena modem CDMA tidak dapat digunakan di technology GSM, begitu juga sebaliknya. Sayang kan sudah bayar mahal – mahal ternyata modem tidak bisa digunakan.

5. After Sales

Point ini kadang terlewatkan oleh calon pengguna internet mobile, karena promosi provider / operator begitu menggiurkan, beberpa pertimbangan tentang after sales antara lain :

a. Call Center : layanan online jika sewaktu – waktu pelanggan mengalami masalah
b.Garansi Produk : modem jika rusak ( apakah diganti langsung atau menunggu ), kartu rusak atau hilang ( apakah ada biaya administrasi atau kartu rusak harus ganti account baru )
c. Service Point : kantor layanan
d. Payment Point : temapat pembayaran ( jika sistem postpaid / berlangganan ) , counter/galeri penjual voucher isi ulang.

(sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/1987988-tips-memilih-provider-internet-mobile/)

Leave a comment